RSS

Peranan Psikologi Kesehatan Terhadap Gaya Hidup Konsumsi Narkoba Pada Remaja Masa Kini

22 Nov

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Masa remaja juga sebagai masa pancaroba yang penuh gejolak dan keadaan tak menentu. Masa remaja memiliki emosi yang tidak stabil, mereka seringkali melakukan pemberontakan. Remaja sangat rentan oleh masalah karena perubahan yang dialaminya belum bisa ditangani dengan pemikiran yang dingin. Dalam masa peralihan ini, seorang remaja berusaha untuk menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. menurut Stanley Hall, masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress). Banyak permasalahan permasalahan pada diri remaja yang muncul. beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja, yaitu:
1. Kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
2. Ketidakstabilan emosi.
3. Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
4. Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
5. Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan- pertentang dengan orang tua.
6. Kegelisahan karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
7. Senang bereksperimentasi.
8. Senang bereksplorasi.
9. Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
10.Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.

Adanya karakteristik-karakteristik tersebut, saling berhubungan dengan gaya hidup remaja itu sendiri.gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari-hari seseorang di dalam masyarakat. Gaya hidup menunjukkan bagaimana seseorang mengatur kehidupan pribadinya, kehidupan masyarakat, perilaku di depan umum, dan upaya membedakan statusnya dari orang lain. Gaya hidup atau life style dapat diartikan juga sebagai segala sesuatu yang memiliki karakteristik, kekhususan, dan tata cara dalam kehidupan suatu masyarakat tertentu..masa transisi remaja dapat menuju ke perubahan gaya hidup yang positif atau menuju perubahan gaya hidup yang negatif. Dalam hal ini, akan dijelaskan mengenai perubahan gaya hidup remaja yang bersifat negatif. Salah satu contohnya adalah gaya hidup mengkonsumsi narkoba. Tentunya sebutan narkoba sudah tidak asing lagi di kalangan para remaja, khususnya remaja yang berada di kota metropolitan. Mereka seakan akan mengikuti gaya hidup orang barat, mulai dari gaya berpakaian, sampai dengan yang beresiko yaitu mengkonsumsi narkoba. Banyak faktor yang mempengaruhi para remaja hingga mereka memiliki gaya hidup yang seperti itu. Antara lain :
a. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua
Seorang anak yang tidak mendapatkan perhatian atau pengawasan dari orang tuanya, pasti dia akan bertindak semaunya sendiri, karena tidak ada yang memberikannya batasan sejauh mana dia boleh untuk melakukan sesuatu. Anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, dia akan merasa dirinya tidak dibutuhkan lagi dalam keluarga, dan merasa kesepian, merasa jenuh.
jika memiliki masalah, tidak ada sandaran untuk bercerita,untuk menenangkan pikiran, dia mengkonsumsi narkoba.
b. Pergaulan yang bebas dan lingkungan
Menurut teori Waddington, mengenai “develope mental land scape”, jika seorang anak di tempatkan pada suatu lingkungan tertentu, maka sulitlah bagi kalangan tersebut untuk mengubah pengaruhnya, terlebih lagi jika lingkungan itu sangat kuat mempengaruhi anak tersebut. Teman sebaya memiliki pengaruh yang paling dasyat terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Anak dari keluarga baik-baik, nilai sekolah baik, lingkungan baik cenderung terlibat narkoba jika Leman-temannya menggunakan narkoba.
Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya. Narkoba Adalah obat atau bahan yang berbahaya bagi tubuh, nah zat adiktif yang terkandung dalam narkoba, dapat mempengaruhi perasaan, mood dan emosi bagi yang mengkonsumsinya. Apabila narkoba terus menerus dikonsumsi hingga menimbulkan ketergantungan, . Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal. kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Dampak Fisik :
1. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran,kerusakan syaraf tepi.
2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
3. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim
4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.

Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika te.rjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

Dampak Psikologi: Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah, Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri, Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan, Merepotkan dan menjadi beban keluarga, Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram.
Dampak fisik dan psikis berhubungan erat. Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengkonsumsi obat pada waktunya) dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengkonsumsi (biasa disebut sugest). Ancaman bahaya narkoba di kalangan remaja sudah sangat meluas. Apabila hal ini tidak ditanggapi dengan serius, generasi muda di indonesia akan semakin hancur. Dalam hal ini, psikologi kesehatan memiliki peranan penting untuk melakukan pendekatan pendekatan psikologis untuk mengurangi ketergantungan narkoba di kalangan remaja. Pendekatan-pendekatan tersebut misalnya dari faktor individu, sebisa mungkin menciptakan hubungan akrab di dalam keluarga. Sehingga tercipta keharmonisan di dalam keluarga. Menciptakan kesadaran diri bahwa keberhasilan dan kegagalan merupakan usaha sendiri, orang lain hanyalah fasilitator, jadi percaya lah pada diri sendiri, jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Kemudian dari faktor teman sebaya dan lingkungan, orang tua harus senantiasa mengawasi pergaulan anaknya. Jangan sampai anak salah pergaulan dan salah memilih teman atau bahkan terjerumus kedalam lingkungan yang tidak sesuai.lingkungan diskotik misalnya.karena lingkungan tersebut rawan sekali peredaran narkoba.orang tua, selalu berikan arahan kepada anak tentang bagaimana bergaul dengan baik. Psikologi kesehatan sangat berperan terutama dalam melakukan pendekatan terhadap gaya hidup yang tidak sehat sehingga adanya pendekatan tersebut diharapkan dapat merubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi sehat,sehingga terciptalah derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

 
Leave a comment

Posted by on 11/22/2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: