RSS

Hepatitis

22 Dec

Pengertian Hepatitis

Penyakit Hepatitis merupakan peradangan pada anggota dalam tubuh yaitu kelenjar besar yang disebut dengan hati karena racun-racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dimakan, seperti bahan kimia dalam makanan atau obat kimia dan lain sebagainya. Penyakit Hepatitis yang berlangsung tidak lebih dari waktu 6 bulan dinamakan “hepatitis akut”, tetapi penyakit Hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan dinamakan “hepatitis kronis”.

Penyakit Hepatitis adalah sebuah penyakit yang menyerang hati, kebanyakan orang Indonesia lebih mengenal penyakit ini menggunakan ejaan bahasa penyakit kuning. Ini tidak mengherankan sebab gejala penyakit Hepatitis adalah timbulnya warna kuning pada kuku, kulit dan bagian putih bola mata. Penyakit Hepatitis terjadi akibat pada peradangan organ hati (lever). Penyebab penyakit Hepatitis yang utama adalah virus hepatitis. Ada beranekaragam virus hepatitis yaitu A, B, C. Itulah kenapa kita mungkin sering mendengar penyakit hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C.

Penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran atau tinja penderita biasanya melalui makanan (fecal- oral), bukan melalui aktifitas seksual atau melalui darah. Hepatitis A paling ringan dibanding dengan hepatitis lain (B dan C). Sementara hepatitis B dan C disebarkan malalui media darah dan aktifitas seksual dan lebih berbahaya dibanding dengan hepatitis A.

Beberapa penyebab penyakit Hepatitis :

Beberapa penyebabnya mungkin terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan, tidak makan pada waktu pagi hari dan tidak makan secara teratur, pola makan yang terlalu berlebihan dan tidak dijaga, tidak buang air pada pagi hari dan tidur terlalu larut malam dan bangun yang terlalu siang.

Di Amerika Serikat seks tidak aman, Penggunaan narkoba dan penggunaan jarum suntik secara bersamaan serta penggunaan tato juga penyebab penyakit hepatitis dan juga ada beberapa makanan yang harus Anda hindari seperti:

  • Hindari buah dan sayur mentah terutama yang tidak dikupas.
  • Hindari kentang, tiram, remis, mayones, keju, krim dan yogurt.
  • Hindari makan ikan dari perairan yang berpotensi terkontaminasi virus.

Dan sehubungan dengan penyakit ini tidak bisa kita anggap remeh karena penyakit hepatitis dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Pencegahan Hepatitis

Cara pencegahan untuk penyakit Hepatitis dapat dilakukan dengan cara yang kami tuliskan berikut dibawah ini :

Karena penyakit Hepatitis adalah sejenis penyakit yang menular dan salah satu cara penularannya dapat melalui feses manusia yang mengotori makanan dan minumam. Oleh sebab itu Anda harus menjaga kebersihan baik dari lingkungan, makanan, minumam dan air yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari.

  • Hati-hati bila Anda sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan transfusi darah. Pastikan orang atau pendonor darah Anda tersebut terbebas dari penyakit Hepatitis.
  • Hindari dalam pemakaian jarum suntik secara bersamaan atau menggunakan satu pisau cukur maupun sikat gigi secara bergantian. Gunakan barang pribadi Anda sendiri dan jangan meminjamkannya kepada orang lain.
  • Hindari seks bebas karena penyakit Hepatitis dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang bebas.
  • Diharapkan menjaga kebersihan perorangan dengan cara teliti waktu mencuci tangan, disarankan mencuci tangan dengan sabun. Tidak disarankan sering makan makanan jajan diluar rumah karena biasanya tidak terjamin kebersihannya.
 
Leave a comment

Posted by on 12/22/2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: