RSS

Malaria

22 Dec

Pengertian Penyakit Malaria

Penyakit malaria adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit yang dikenal dengan nama Plasmodium. Penyakit malaria ini ditularkan dari gigitan nyamuk yang sudah diinfeksi oleh parasit yang bernama Plasmodium tersebut. Parasit Plasmodium tersebut akan berkembang di dalam tubuh manusia tepatnya di organ hati dan setelah itu sel darah merahnya akan terinfeksi juga.

Seseorang yang menderita penyakit malaria akan memperlihatkan gejala-gejala penyakit malaria berupa penyakit influenza, tetapi jika gejala tersebut tidak segera ditangani maka bisa terjadi komplikasi yang menyebabkan kematian. Ya, penyakit malaria lebih dikarenakan oleh parasit protozoa. Plasmodium yang salah satunya adalah Apicomplexa dan jika si penderita malaria yang telah terinfeksi tidak segera dirawat khususnya bagi anak kecil akan berakibat fatal yakni kematian.

Penyakit malaria paling banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis yakni dimana parasit Plasmodium sering berkembang dengan baik dan begitu juga dengan nyamuk Anopheles sebagai vektor parasit ke manusia. Angka kejadian paling tinggi untuk penyakit malaria terjadi di daerah selatan Sahara di Afrika dan Oceania Papua Nugini.

Pengobatan Penyakit Malaria

Penyakit malaria bisa diobati namun jenis pengobatannya tergantung pada jenis parasit dan kemampuan resistensi parasit tersebut terhadap klorokuin. Jika suatu serangan malaria falciparum akun yang dengan parasit yang memiliki kemampuan resistensi terhadap klorokuin, maka kuinin atau kuinidin bisa diberikan secara intravena. Namun pada penyakit malaria lainnya jarang terjadi kemampuan resistensi terhadap klorokuin, oleh sebab itu klorokuin dan primakuin biasanya diberikan.

Untuk mencegah penyakit malaria maka orang-orang yang akan bepergian ke daerah yang banyak dijangkiti oleh penyakit malaria, orang tersebut harus mengonsumsi resep obat anti-malaria. Hal tersebut sangat penting karena pengobatan penyakit malaria tidaklah mudah. Seperti yang sudah disebutkan obat penyakit malaria bergantung pada jenis parasit dan resistensi parasit tersebut. Maka wisatawan yang akan bepergian ke daerah yang sering dijangkiti oleh penyakit malaria dianjurkan untuk mengonsumsi salah satu dari obat-obatan berikut ini: klorokuin, hydroxychloroquine, mefloquine, doxycycline atau malarone.

Pencegahan lainnya adalah bisa dengan menjaga agar lingkungan kita tidak dihinggapi oleh nyamuk-nyamuk vektor parasit Plasmodium yang disebut sebagai nyamuk Anopheles. Ya, pencegahan lebih baik daripada mengobati! Begitu juga dengan penyakit malaria, akan lebih baik jika kita mencegahnya daripada mengobati karena tingkat kesulitan yang mengikutinya.

Selain itu, dibutuhkan penanganan medis di rumah sakit untuk menyembuhkan penyakit malaria dari tubuh si penderita penyakit malaria khususnya jenis penyakit malaria yang bernama malaria falsiparum.

 
Leave a comment

Posted by on 12/22/2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: