RSS

Penyakit Asma

22 Dec

Penyebab Penyakit Asma

Penyakit asma adalah penyempitan yang dialami oleh saluran pernapasan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang bisa mengakibatkan peradangan. Penyempitan ini bersifat sementara. Pada paru-paru normal, tidak akan ada yang mempengaruhi saluran pernapasan namun pada penderita asma mereka akan mengalami penyempitan saluran pernapasan. Penyempitan ini bisa disebabkan oleh berbagai rangsangan seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, udara, dingin, asap dan olahraga.

Ketika terjadi serangan asma, otot polos dari bronki terjadi kejang dan terjadi pembengkakan pada jaringan yang melapisi saluran udara akibat adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Dengan terjadi hal ini bisa memperkecilkan diameter saluran udara disebut juga sebagai bronkokonstriksi. Penyempitan saluran pernapasan mengakibatkan penderita penyakit asma harus berusaha bernapas sekuat tenaga.

Di dalam saluran udara terdapat sel-sel tertentu khususnya mastosit yang dipercaya bertanggung jawab terhadap awalnya penyempitan ini terjadi. Mastosit yang berada di melepaskan bahan contohnya histamin dan leukotrien yang bisa mengakibatkan terjadinya otot polos berkontraksi – pembentukan lendir meningkat – sel darah putih mengalami perpindahan ke bronki. Ini adalah respon terhadap sesuatu yang dianggap oleh mastosit sebagai benda asing, seperti debu halus, bulu halus, serbuk sari dan bulu binatang. Selain itu, penyakit asma pun bisa terjadi pada orang yang tidak mengalami alergi tertentu. Misalnya jika orang tersebut melakukan satu olahraga dan berada di cuaca dingin sehingga terjadi reaksi yang sama. Histamin dan leukotrin pun bisa dilepaskan karena kecemasan dan stres

Gejala Penyakit Asma

Frekuensi dan berat penyakit asma yang terjadi bervariasi. Ada penderita yang jarang mengalami serangan sesak napas namun hanya terjadi yang ringan saja. Tetapi pada penderita penyakit asma lainnya bisa terus mengalami batuk dan bengek dan mengalami serangan hebat setelah infeksi virus, terpapar alergen dan iritan serta olahraga. Gejala tersebut pun bisa diperparah dengan menangis atau tertawa terlalu kuat. Pada waktu malam hari dan cuaca dingin pun terjadi batuh berkepanjangan.

Penyakit asma bisa juga terjadi secara tiba-tiba dengan gejala napas yang berbunyi atau sering disebut bengek, sesak napas dan batuk. Bunyi bengek tersebut sering terdengar ketika seorang penderita menghembuskan napasnya. Di waktu lainnya, serangan penyakit asma pun bisa terjadi secara perlahan namun memburuk. Serangan penyakit asma ini bisa terjadi beberapa menit, beberapa jam bahkan beberapa hari.

Diagnosis penyakit asma bisa ditegakkan berdasarkan gejala penyakit asma yang khas. Hal ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan spirometri berulang. Spirometri ini digunakan untuk menilai beratnya penyumbatan saluran udara dan memantau pengobatan penyakit asma. Faktor pemicu asma pun bisa ditentukan dengan sangat mudah sekali. Untuk menentukan alergen yang memicu penyakit asma bisa dibantu oleh tes kulit alergi. Apabila diagnosis tersebut masih meragukan atau kita merasa perlu tahu faktor pemicu penyakit asma, hal ini bisa dilakukan dengan bronchial challenge test.

Pengobatan Penyakit Asma

Penderita penyakit asma bisa menjalani kehidupan dengan mengonsumsi obat-obatan. Pengobatan penyakit asma pun dibedakan menjadi dua hal yakni pengobatan segera yang berfungsi untuk mengendalikan serangan penyakit asma dan pengobatan rutin berfungsi untuk mencegah serangan penyakit asma.

Salah satu obat terbaik untuk penyakit asma adalah Agonis reseptor beta-adrenergik yang bisa mengurangi serangan penyakit asma yang bisa saja terjadi tiba-tiba dan mencegah serangan yang dipicu oleh olahraga. Bronkodilator pada reseptor-adrenergik merangsang pelebaran saluran udara. Namun memang memiliki efek samping terhadap organ lainnya seperti denyut jantung yang cepat, sakit kepala dan otot serta merasa gelisah.

 
Leave a comment

Posted by on 12/22/2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: